Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : MIS Candigugur
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
I. STANDAR KOMPETENSI
I. | PKn | |
1. | Mengamalkan makna Sumpah Pemuda | |
II. | IPS | |
1. | Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah | |
III. | Bahasa Indonesia | |
Mendengarkan | ||
1. | Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan | |
Berbicara | ||
2. | Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran | |
IV. | Matematika | |
1. | Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka | |
V. | IPA | |
1. | Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup |
II. KOMPETENSI DASAR
1. PKn : - Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
- Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-
sehari
2. IPS : - Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan
sekolah
- Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
3. B. Indonesi: - Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara
lisan
- Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
4. Matematika : Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
5. IPA : - Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
- Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-
hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak
(makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
III. TUJUAN PEMBELAJARAN**
1. PKn : - Siswa dapat mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat
mempersatukan bangsa
- Siswa dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
- Siswa dapat menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
- Siswa dapat mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di
lingkungan rumah
2. IPS : - Siswa dapat mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan
buatan di lingkungan sekitar
- Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
- Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
- Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata
anginnya
3. IPA : - Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
- Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
- Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
- Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
4. Matematika: - Siswa dapat menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
- Siswa dapat menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
- Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
- Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
- Siswa dapat melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
- Siswa dapat melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. B . Indonesia : - Siswa dapat menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
- Siswa dapat membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
- Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
- Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita
binatang
- Siswa dapat menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
IV. Materi Pokok
1. PKn
§ Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
2. IPS
§ Kerja sama di lingkungan rumah
3. IPA
§ Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
§ Perubahan pada makhluk hidup
§ Sifat-sifat benda
4. Matematika
§ Garis bilangan
§ Penjumlahan dan pengurangan
§ Perkalian dan pembagian
§ Uang
§ Alat ukur
§ Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
5. Bahasa Indonesia.
§ Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
§ Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
§ Menjelaskan isi teks.
V. MetodE Pembelajaran
§ Informasi
§ Diskusi
§ Tanya jawab
§ Demontrasi
§ Pemberian tugas
VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Apresepsi :
v Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
v Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
v Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I
Pertemuan pertama : 6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
v Siswa diminta membedakan makhluk hidup dan makhluk tak hidup
v Guru menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup
v Siswa mengamati dan mencatat ciri-ciri makhluk hidup
PKn
v Guru menerangkan tentang negara Indonesia
v Siswa mencatat kegiatan sehari-hari yang mempersatukan bangsa
v Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa
Matematika
v Menjelaskan cara panjang penulisan bilangan
v Menguji keterampilan siswa dengan menguraikan bilangan
Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
v Siswa mendengarkan petunjuk cara mendeteksi udara sekitar
v Guru menjelaskan cara menggunakan alat pengukur debu
v Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
IPS
v Tanya jawab dengan siswa mengenai apa yang dilihat di lingkungan sekitar
v Mengajak siswa mengamati gambar sungai, danau, laut, gunung, lembah dan pegunungan
v Siswa menuliskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
Matematika
v Memperagakan dekak-dekak
v Memasukan biji-bijian pada dekak-dekak
v Menentukan nilai tempat sampai ribuan
Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
v Guru membacakan cerita binatang
v Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh cerita binatang
v Guru menjelaskan sifat-sifat tokoh dalam cerita
Matematika
v Menjelaskan penjumlahan dua bilangan tanpa teknik menyimpan
v Menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan
v Membahas soal yang dikerjakan siswa
IPA
v Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan bijinya
v Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan akarnya
v Siswa diminta mengamati biji salak dan biji jambu air
Minggu II
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
v Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan batangnya
v Siswa mencatat nama-nama tumbuhan berdasarkan penggolongan batangnya dalam bentuk tabel
v Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan daunnya
v Siswa mengamati macam-macam daun
PKn
v Guru menjelaskan bahwa Indonesia terdiri dari beberapa suku
v Menyebutkan organisasi pemuda tiap-tiap daerah di nusantara
v Menjelaskan bahwa persatuan merupakan sumber kekuatan
Matematika
v Guru menjelaskan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan
v Guru menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan
v Membahas soal yang tela dikerjakan siswa
Pertemuan kedua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
v Guru menjelaskan cara menanggapi sifat-sifat tokoh dalam cerita
v Guru menjelaskan cara menyanggah sebuah pernyataan
v Siswa menanggapi cerita
IPS
v Menyebutkan contoh yang termasuk kenampakan buatan
v Menyebutkan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
Matematika
v Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam
v Menguji keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam
Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
v Siswa mengamati dua buah gambar
v Siswa menuliskan perbedaan dari kedua gambar tersebut
IPA
v Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan daunnya
v Siswa mengamati macam-macam daun
Matematika
v Menjelaskan pengurangan tiga bilangan dengan tanpa teknik meminjam
v Siswa mengerjakan soal-soal latihan
Minggu III
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
v Guru menjelaskan tentang pertumbuhan hewan
v Guru menjelaskan tujuan perkembangbiakan pada hewan
v Siswa mendiskusikan pertumbuhan hewan
PKn
v Menjelaskan waktu dan tempat kongres pemuda
v Menyebutkan lima tokoh yang menghadiri kongres pemuda
v Menjelaskan usulan tiap-tiap tokoh dalam kongres pemuda
v Menyebutkan perumus isi sumpah pemuda pada kongres pemuda
Matematika
v Siswa mengingat kembali pengurangan dua buah bilangan
v Guru menjelaskan cara mengurangi dua buah bilangan tanpa meminjam
v Menguji keterampilan siswa dengan soal pengurangan
Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
v Siswa menceritakan pengalaman mengesankan di depan kelas
v Siswa menanggapi pengalaman teman
IPS
v Guru menjelaskan tiga bagian pokok pada denah yaitu gambar utama, keterangan gambar dan arah mata angin
v Melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kegunaan setiap bagian utama denah rumah
v Memaparkan bentuk penyajian mata angin pada denah rumah
v Siswa membuat denah rumah masing-masing
Matematika
v Menjelaskan pengurangan tiga bilangan
v Siswa mengerjakan soal-soal latihan
Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
v Mengamati gambar peristiwa alam
v Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
IPA
v Menjelaskan ciri-ciri pertumbuhan pada tumbuhan
v Mendiskusikan pertumbuhan pada tumbuhan
v Melaporkan hasil diskusi
Matematika
v Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam
v Menguji keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
v membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
v memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
v memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
v memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
v memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
v memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
v Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
v Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
v Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
v Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan
v Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
v Buku Pendidikan Kewarganegaraan
v Buku IPA
v Buku Matematika
v Buku Bahasa Indonesia
v Buku IPS
v Eksiklopedia
v Kamus Bahasa Indonesia
v Pedoman EYD
v Koran dan majalah
v Media elektronik
Alat Peraga
v Gambar kenampakan alam
v Gambar kenampakan buatan
v Gambar peristiwa alam
v Teks cerita binatang
VII. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
1. PKn : § Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa § Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara § Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda § Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah 2. IPS : § Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar § Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan § Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan § Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya 3. IPA : § Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup § Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup § Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya § Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya § Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya § Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya § Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan § Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan 4. Matematika : § Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan) § Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan § Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan § Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan § Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam § Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam 5. B. Indonesia : § Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu § Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan § Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang § Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang § Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar | Tes lisan Tes tertulis | uraian isian | 1. PKn : § Jelaskanlah dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa § Sebutkan nama organisasi pemuda di nusantara § Sebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda § Jelaskanlah pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah 2. IPS : § Jelaskanlah kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar § Jelaskanlah manfaat kenampakan alam bagi kehidupan § Jelaskanlah manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan § Buatkanlah denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya 3. IPA : § Jelaskanlah ciri-ciri makhluk hidup § Jelaskanlah ciri-ciri makhluk tak hidup § Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan bijinya § Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan akarnya § Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan batangnya § Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan daunnya § Sebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan § Sebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan 4. Matematika : § Tuliskanlah bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan) § Tentukan nilai tempat sampai dengan ribuan § Jelaskanlah melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan § Jelaskanlah melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan § Jelaskanlah melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam § Jelaskanlah melakukan operasi pengurangan dengan meminjam 5. B. Indonesia : § Jelaskanlah petunjuk membuat alat pengukur debu § Buatkanlah pertanyaan tentang cara menggunakan § Sebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang § Berikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang § Ceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar · LKS · Lmbar observasi. |
v Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2. Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui Kepala MI Candigugur ( SOBIRIN S.Ag ) NIP: 197 | ……...., ………………… 20… Guru Tematik Kelas III ( AMINUDIN. AMa ) NIP :197601122007011018 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar