Jumat, 25 November 2011

RPP SD/MI TEMA KEGEMARAN


RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK


NAMA SEKOLAH         : MIS Candigugur
TEMA                              : KEGEMARAN
KELAS /SEMESTER    : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU       : 3 MINGGU

A. STANDAR KOMPETENSI
I.    PKN
Memiliki harga diri sebagai individu
Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II.  IPS
Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
IV. Matematika
Geometri dan Pengukuran
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
V.  Bahasa Indonesia
Mendengarkan               : 5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara                        : 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita
Membaca                        : 7. Membaca teks dengan membaca intensif (150n – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis                          : 8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi

B. KOMPETENSI DASAR
PKN
:
Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri
Mengenal kekhasan bangsa seperti, kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
IPS
:
Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
IPA
:
Mendiskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan
Matematika
:
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsur
Bahasa Indonesia
:
Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif
Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik.
           
I. TUJUAN PEMBELAJARAN**
PKN
:
§  Siswa dapat mengatakan cara menjaga harga diri pribadi
§  Siswa dapat mengatakan cara menjaga harga diri bangsa
§  Siswa dapat mengasumsi sikap ramah dan santun
§  Siswa dapat menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia
IPS
:
§  Siswa dapat menyebutkan pengertian pembeli
§  Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang
§  Siswa dapat menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing
IPA
:
§  Siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
§  Siswa dapat menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
§  Siswa dapat menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih
Matematika
:
§  Siswa dapat menjelaskan sudut sebagai jarak putar
§  Siswa dapat membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran
§  Siswa dapat membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya
§  Siswa dapat menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya
§  Siswa dapat menghitung keliling bangun persegi
§  Siswa dapat menghitung keliling bangun persegi panjang
Bahasa Indonesia
:
§  Siswa dapat memberikan tanggapan terhadap watak tokoh
§  Siswa dapat menanggapi pengalaman teman
§  Siswa dapat melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
§  Siswa dapat menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
§  Siswa dapat menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
§  Siswa dapat membacakan cerita dengan isi teks agak panjang
§  Siswa dapat membaca puisi
§  Siswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya
§  Siswa dapat mengamati dan mengurutkan gambar
§  Siswa dapat menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
§  Siswa dapat membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
§  Siswa dapat menulis tegak bersambung
§  Siswa dapat membuat karangan sederhana
§  Siswa dapat menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.  MATERI POKOK
1.   PKn
§  Kekayaan alam Indonesia
§  Harga diri
§  Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2.   IPS
§  Jenis-jenis pekerjaan
§  Semangat kerja
§  Jual beli
§  Uang
§  Pengelolaan uang
3.   IPA
§  Energi
§  Gerak benda
§  Kenampakan permukaan bumi
§  Cuaca
§  Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
§  Kelestarikan dan pemeliharaan alam
4.   Matematika
§  Pecahan
§  Bangun datar
§  Sudur
§  Persegi dan persegi panjang
5.   Bahasa Indonesia
§  Menanggapi cerita
§  Menirukan dialog
§  Menceritakan peristiwa
§  Percakapan
§  Menjawab pertanyaan
§  Menulis karangan


III. METODE PEMBELAJARAN
      1.   Informasi
      2.   Diskusi
      3.   Tanya Jawab
      4.   Demonstrasi
      5.   Pemberian Tugas

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Apresepsi:
v  Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
v  Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
v  Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B.  Kegiatan Inti
      Minggu I :
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
v  Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi besar permukaan bumi
v  Guru dan siswa mengidentifikasi bentuk permukaan bumi
v  Guru memperagakan bentuk bumi dengan globe
v  Siswa secara beregu mengamati globe
PKn
v  Guru menjelaskan pengertian harga diri, siswa mencatat definisi harga diri
v  Guru menjelaskan cara menjaga harga diri pribadi
v  Guru menjelaskan cara menjaga harga diri bangsa
v  Siswa mengidentifikasi cara-cara menjaga harga diri pribadi dan bangsa
Matematika
v  Guru menjelaskan dan mepraktekkan bahwa sudut sebagai jarak putar
v  Siswa mempraktekkannya dengan bantuan alat peraga jangka
v  Guru menjelaskan/ membuat putaran satu, setengah dan seperempat.
v  Siswa mempraktekkannya

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
v  Guru membacakan cerita
v  Siswa menaggapi dan memberikan tanggapan terhadap watak tokoh dalam cerita
v  Siswa dari tiap kelompok menceritakan pengalaman di depan kelas
v  Siswa-siswa lain menanggapi pengalaman temannya
IPS
v  Guru menjelaskan yang dimaksud pembeli
v  Guru mengajukan pertanyaan tentang hak dan kewajiban pembeli
v  Siswa menjawaab pertanyaan guru
v  Siswa mencatat rangkuman tentang pembeli
Matematika
v  Siswa mempraktekkan cara memutar sudut dari kedua kaki sudutnya
v  Siswa membuat sudut seperempat putaran (sudut siku-siku)
v  Siswa membuat sudut setengah putaran (lurus)
v  Guru menanggapi hasil pekerjaan siswa dan memberikan penilaian

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
v  Guru membacakan teks drama
v  Siswa secara beregu melakukan percakapan dari teks drama
v  Siswa lain menaggapi percakapan teman
v  Guru menanggapi hasil percakapan dari tiap-tiap regu
Matematika
v  Siswa membuat sudut putaran penuh (lingkaran)
v  Siswa mencari gambar yang menunjukkan sudut seperempat putaran
v  Siswa mencari gambar yang menunjukkan sudut setengah putaran
v  Siswa mencatat gambar yang menunjukkan sudut satu putaran penuh
IPA
v  Siswa mencatat hasil pengamatan dari globe
v  Siswa merangkum tentanng materi permukaan bumi
v  Guru menilai hasil kerja siswa
v  Tiap kelompok presentase hasil pengamatan, siswa lain menanggapinya

ý  Pertemuan IV : 4 x 35 menit (Bahasa Indonesia,IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
v  Guru menjelaskan cara membaca denah
v  Siswa membaca denah
v  Guru mengajukan pertanyaan tantang denah
v  Siswa menjawab pertanyaan guru

Minggu II
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
v  Melalui pengamatan model, guru menjelaskan bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
v  Guru bersama siswa mendefinisikan laut, palung, dan jurang
v  Siswa menyebutkan contoh lautan yang luas di Indonesia dengan alat peraga peta
PKn
v  Guru menjelaskan sikap keramahtamahan
v  Guru menjelaskan pentingnya keramahtamahan di masyarakat melalui cerita
v  Siswa menaggapi cerita guru
Matematika
v  guru membangun bangun datar sesuai dengan sifat-sifatnya
v  Siswa menjiplak titik-titik pada kertas berpetak
v  Siswa menggabungkan titik-titik tersebut membentuk bangun datar
v  Guru memberi penilaian hasil kerja siswa

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (Matematika, IPS, B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
v  Siswa menceritakan di depan kelas pengalaman melihat kecelakaan yang dilihatnya
v  Guru membacakan isi teks yang panjang
v  Siswa menanggapi cerita guru dan menjawab pertanyaan guru
Matematika
v  Guru menjelaskan cara menghitung keliling bangun datar
v  Siswa mencoba menghitung keliling bangun datar yang dibuatnya
v  Guru menjelaskan satuan cm pada sisi bangun datar
v  Siswa menghitung keliling bangun datar dengan satuan cm
IPS
v  Guru memberi penjelasan beberapa hal tentang cara membeli suatu barang
v  Siswa mengulangi penjelasan guru
v  Siswa mencatatnya di buku tulis

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit (Matematika, IPS, B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
v  Guru membacakan puisi
v  Siswa menjawab pertanyaan tentang isi puisi
v  Siswa membacakan puisi tersebut di depan kelas
v  Siswa mencatat teks puisi
Matematika
v  Siswa menghitung keliling bangun datar segitiga
v  Siswa menghitung keliling bangun datar persegi
v  Siswa menghitung keliling bangun datar persegi panjang
IPA
v  Guru mengajukan pertanyaan tentang besar permukaan bumi
v  Siswa menjawab pertanyaan guru secara tertulis
v  Guru memberi penilaian terhadap jawaban siswa

ý  Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
B. Indonesia :
v  Siswa membaca puisi tanpa teks di depan kelas secara bergilir
v  Guru memberikan penilaian terhadap bacaan puisi
IPS
v  Guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang cara memilih barang sebelum membelinya
v  Siswa menjawab pertanyaan guru

Minggu III
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
v  Melalui pengamatan gambar, guru menjelaskan permukaan bumi tidak datar
v  Siswa memberi alasan, mengapa permukaan bumi tidak datar
v  Siswa menyebutkan beberapa hal yang menyebabkan permukaan bumi tidak datar
PKn
v  Guru menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia
v  Siswa menyebutkan hasil karya yan dibuat oleh rakyat Indonesia
v  Guru dan siswa mengasumsikannya sebagai wujud kebanggaan sebagai anak Indonesia
Matematika
v  Guru menjelaskan caramenghitung keliling bangun datar segitiga
v  Siswa menghitung keliling bangun datar segitiga sama sisi
v  Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
v  Siswa mengamati dan mengurutkan gambar
v  Siswa membuat kalimat tiap-tiap gambar sehingga membentuk satu paragraf
Matematika
v  Siswa menghitung keliling bangun datar segitiga sembarang
v  Siswa menghitung keliling bangun datar segitiga sama kaki
v  Guru memberi penilaian tentang hasil karya siswa
IPS
v  Guru menjelaskan fungsi pasar tradisional
v  Guru dan siswa mengidentifikasi pasar-pasar yang ada di kota Bandung
Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
v  Guru menjelaskan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
v  Siswa menulis kata ulang dengan menggunakan tanda hubung
v  Siswa membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
Matematika
v  Siswa menghitung keliling bangun datar tanpa bangun, dalam bentuk soal cerita
v  Gur menilai hasil kerja siswa
IPA
v  Guru memperlihatkan gambar permukaan bumi
v  Siswa menyebutkan perbedaan antara gunung dan pegunung
v  Siswa menuliskan perbedaan antara jurang, palung, lembah, dan samudera

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPS)
Minggu IV
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
·         Siswa menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung
·         Siswa menuliskan nama-nama pasar swalayan sekitar rumah dan sekolah
·         Siswa menuliskan perbedaan pasar swalayan dan pasar tradisonal
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
v  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
v  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
v  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
v  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
v  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
v  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
v  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
v  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan Akhir
   Dalam kegiatan Akhir, guru:
v  Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan       
v  Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
v  Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
v  Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
v  Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

V.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1.   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2.   Buku IPA
3.   Buku Matematika
4.   Buku Bahasa Indonesia
5.   Buku IPS
6.   Ensiklopedia
7.   Kamus Bahasa Indonesia
8.   Pedoman EYD
9.   Koran dan Majalah
10. Media elektronik

B. Alat Peraga:
1.   Gambar-gambar baju daerah
2.   Gambar-gambar rumah ibadah
3.   Gambar-gambar rumah adat
4.   Kompas
5.   Kincir angin
6.   Globe
7.   Uang kartal dan uang giral
8.   Tabel perbelanjaan
9.   Puisi
10. Drama
11. Bangun datar
12. Busur derajat

VI. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
PKN :
§  Mengatakan cara menjaga harga diri pribadi
§  Mengatakan cara menjaga harga diri bangsa
§  Mengasumsi sikap ramah dan santun
§  Menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia
IPS :
§  Menyebutkan pengertian pembeli
§  Menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang
§  Menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing
IPA :
§  Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
§  Menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
§  Menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih
Matematika :
§  Menjelaskan sudut sebagai jarak putar
§  Membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran
§  Membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya
§  Menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya
§  Menghitung keliling bangun persegi
§  Menghitung keliling bangun persegi panjang
Bahasa Indonesia :
§  Memberikan tanggapan terhadap watak tokoh
§  Menanggapi pengalaman teman
§  Melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
§  Menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
§  Menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
§  Membacakan cerita dengan isi teks agak panjang
§  Membaca puisi
§  Menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya
§  Mengamati dan mengurutkan gambar
§  Menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
§  Membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
§  Menulis tegak bersambung
§  Membuat karangan sederhana
§  Menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
PKN :
§  Jelaskanlah cara menjaga harga diri pribadi
§  Jelaskanlah cara menjaga harga diri bangsa
§  Jelaskanlah sikap ramah dan santun
§  Sebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia
IPS :
§  Sebutkan pengertian pembeli
§  Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang
§  Sebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing
IPA :
§  Jelaskanlah berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
§  Jelaskanlah melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
§  Simpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih
Matematika :
§  Jelaskanlah sudut sebagai jarak putar
§  Buatkanlah sudut satu, setengah, seperempat putaran
§  Bangunkanlah bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya
§  Hitunglah keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya
§  Hitungkanlah keliling bangun persegi
§  Hitungkanlah keliling bangun persegi panjang
Bahasa Indonesia :
§  Sebutkanlah tanggapan terhadap watak tokoh
§  Jelaskanlah  cara menanggapi pengalaman teman
§  Jelaskanlah cara melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
§  Jelaskanlah denah berdasarkan petunjuk
§  Ceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
§  Bacakan cerita dengan isi teks agak panjang
§  Bacakanlah puisi
§  Jawabkanlah pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya
§  Jelaskanlah cara mengamati dan mengurutkan gambar
§  Jelaskanlah cara menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
§  Jelaskanlah cara membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
§  Tuliskanlah tegak bersambung
§  Buatkanlah karangan sederhana
§  Jelaskanlah cara menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan

·   LKS
·   Lmbar observasi.




*. Kriteria Penilaian       
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

    3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar